Hal-Hal Terpenting Dalam Masalah Haid, Nifas Dan Istihadlah

Standar
 Terminologi Haid Umat bersepakat bahwa darah yang keluar dari kemaluan wanita ada tiga macam :
Haid : yang keluar dalam keadaan sehat,
Nifas : yang keluar setelah melahirkan,
Istihadlah : yang keluar tidak pada hari haid, dan nifas, yakni dalam keadaan sakit (darah penyakit).
Kata al-mahidl dalam ayat : yas`alunaka an al-mahidl, adalah darah haid, begitu juga dalam ayat : fa`tazilu al-nisa`a fi al-mahidl.Warna Darah Haid dan Sifat-Sifatnya Darah haid sebagaimana diketahui hitam, memiliki bau yang khas. Sedangkan warna-warna selain itu, menurut hadits Ummu Athiyyah, bukanlah darah haid. Menurut Syafi`i warna darah haid ada lima : hitam, merah, kemerahan (pirang), kekuningan, dan keruh yakni antara kuning dan putih. Menurut Hanafi enam macam : hitam, merah, kuning, keruh, hijau, dan turbiyah (seperti debu).
Sifatnya : pekat, panas keluar perlahan-lahan, tidak deras dan terus-menerus bau menyengat terkadang menimbulkan sakit
Awal Mula Haid Pada Wanita
Aisyah meriwayatkan, ketika ia pergi haji bersama Rosulullah, ia mendapat haid, lalu ia pun menagis. Rasulullah berkata : itu adalah perkara yang digariskan Alloh pada anak perempuan Adam, lakukanlah semua manasik kecuali tawaf.
Menurut riwayat Abdullah bin Mas`ud dan Aisyah, wanita Bani Isra`il adalah umat manusia pertama yang dikenai haid. Namun para ulama mengatakan bahwa haid ada sejak turunnya Ummu Hawa ke bumi.Umur Perempuan yang Haid
Jumhur ulama berpendapat bahwa sembilan tahun adalah umur terkecil wanita mendapat haid, karena hal ini dikembalikan pada fenomena yang ada. Dan fenomena mengatakan belum ada wanita mendapat haid dibawah sembilan tahun. Dalam kaidah fiqh, sesuatu yang tidak ada ketentuanya dalam sayariat dikembalikan pada asalnya. Tapi tidak dengan ukuran kejadian yang jarang terjadi, misal wanita haid dibawah sembilan tahun, ada, tapi jarang terjadi.

Keluar Darah Sebelum berumur Sembilan Tahun
Jika hal ini terjadi, dan tidak melebihi batas antara masa suci dan haid yakni 16 harimaka itu termasuk haid, jika melebihi bukanlah haid. Kalau misalnya, beberapa hari menjelang sembilan tahun ia haid, tidak dianggap haidmenurut Syafi`i, dan sebagian lagi pada saat berumur sembilan tahun, yang kedua dianggap haid.Masa Monopause
Menurut Syafi`iyyah pada saat umur 62 tahun, ditambahkan : tak ada batas maksimalnya, yang disandarkan adalah yang pertama.
Menurut Hanafiyyah pada umur 55 sampai 60 tahun. Sedangkan Malikiyah, 70 tahun.
Yang bisa dijadikan pegangan adalah madzhab Imam Ahmad, dengan riwayat dari A`isyah : Jika seorang wanita berumur 50 tahun, ia telah keluar dari batas haid.Masa Haid
Masa haid sedikitnya sehari semalam, karena syari`at hanya mengatur hukumnya, tidak menentukan masanya, dan hal ini bisa diketahui melalui kebiasaan.
Sebagian besar masa haid enam sampai tujuh hari.
Masa haid paling lama lima belas hari, meskipun darahnya tidak keluar terus-menerus, tapi mencapai sehari semalam. Menurut Hanabilah tujuh belas hari.

Ketidakteraturan Haid (haid melebihi/kurang dari kebiasaan).
Menurut Syafi`iyyah kalau misalnya masa haid kurang atau melebihi kebisaan yang ada, yakni kurang dari sehari semalam, atau melebihi 15 hari, maka ini termasuk istihadlah. Ibadah tetap wajib baginya.
Sebagian ulama berpendapat tidak ada ketentuan, tergantung pada kebiasaan wanita itu sendiri.

Masa Suci antara Dua Masa Haid
Jumhur Ulama berpendapat bahwa masa suci antara dua masa haid paling sedikit lima belas hari. Mayoritas yang terjadi 23 atau 24 hari. Tidak ada batas paling lama, karena ada wanita yang haid setahun sekali, ada yang hanya satu kali seumur hidup.Hukum Darah yang Keluar dari Wanita Hamil
Para fuqaha berselisih dalam hal ini.
Menurut Malik, al-Laits, Syafi`i darah tersebut adalah haid. Hal itu bisa terjadi, kemungkinan karena lemahnya janin, maka ia makan dari darah haid tadi, ketika janin lahir keluarlah darah tersebut.
Sedangkan Abu Hanifah, Ahmad, Awza`iy dll, itu bukan darah haid. Karena wanita hamil tidak haid, seperti riwayat A`isyah. Ketika seorang wanita hamil, rahimnya tertutup, maka dari itu tidak mungkin ia haid. karena darah haid, jika keluar dari rahim.
Dan penelitian medis telah membuktikan hal itu.Suci pada Waktu Haid
Ulama bersepakat bahwa darah haid tidak harus keluar terus-menerus. Tapi mereka berselisih dalam hal batas antara suci dan haidnya.

Jika darah keluar sehari, kemudian sehari lagi tidak, lalu ada lagi, disini ada dua pendapat :
Pertama : Menurut Hanafiyah, masa bersih itu termasuk masa haid. Sedangkan Syafi`iyyah, dianggap haid dengan tiga syarat :
Pertama, Masa bersih diantara dua haid, yaitu sehari keluar, lalu bersih, lalu keluar lagi.
Kedua, Tidak melebihi lima belas hari, darah yang keluar tidak kurang dari sehari semalam.
Ketiga, Ketika bersih berarti tidak haid, dan ketika darah keluar berati haid. maka ketika bersih, kewajiban ibadah tetap. Sedangkan pertama, ia tidak wajib melakukan sholat atau shaum.Keluar Darah Sebelum Melahirkan
Ulama bersepakat bahwa darah yang keluar setelah melahirkan adalah darah nifas. Namun mereka berselisih jika darah keluar pada saat sebelum melahirkan, dua atau tiga hari secara terus menerus dengan tidak beraturan.
Syafii : itu bukan nifas
Hanabilah : itu adalah nifas, dengan syarat terjadi beberapa hari menjelang persalinan, dan tidak beraturan.Darah yang Keluar Saat Melahirkan
Syafi`iyah dan sebagian Ahnaf : itu bukan haid, itu terjadi karena pengaruh kehamilan, dan bukan nifas, karena nifas adalah darah yang keluar setelah melahirkan.

Tanda Setelah Selesai Masa Haid (Terhentinya Haid)
Pendapat Imam Nawawi tanda terhentinya haid dan adanya suci yaitu terhentinya keluarnya darah dan keluarnya warna kuning dan keruh (yaitu antara putih dan kuning), apabila terhenti maka ia telah suci, baik setelah itu keluar cairan warna putih atau tidak.Pemakaian Obat agar Haid atau Mencegahnya
Tidak ada masalah dalam pemakaian obat untuk tujuan-tujuan diatas, selama tidak ada bahaya dalam pemakaiannya, dan ada yang mensyaratkan dengan izin suami, jika obat tersebut melebihi nafkah yang diberikan oleh suami, apalagi jika obat tersebut seperti alat kontrasepsi yang mencegah kehamilan.
Dalam hal ibadah, karena ini termasuk haid, maka ia tidak boleh sholat dan shaum, jika melebihi lima belas hari hukumnya seperti istihadlah.Darah Kekuningan dan Keruh
Jumhur ulama mengatakan, jika darah seperti itu keluar di hari-hari haid maka termasuk dalam hukum haid. jika tidak, maka bukan haid.Hukum-Hukum yang Berhubungan dengan Haid
Dalam Al-Asybah wa al-Nadla`ir, hukum-hukum yang berhubungan dengan haid ada dua puluh larangan (haram dilakukan):
  • Sholat
  • Sujud tilawah dan sujud syukur
  • Towaf
  • Shaum
  • I`tikaf
  • Masuk masjid, kalau takut akan membuatnya najis.
  • Membaca al-Qur`an
  • Menyentuhnya (al-Quran)
  • Menulisnya (al-Quran)
  • Dalam Muhadzdzab ditambahkan, thaharah, dan menghadiri majelis.
  • Tiga berikutnya larangan untuk suami :
  • Hubungan suami-istri
  • Tholak
  • Menyentuh antara pusar dan lutut
Hukum Toharah dengan Niat Menghilangkan Hadats
Haram, jika ia berniat demikian agar bisa beribadah, apalagi jika ia tahu itu tidak shah, berarti ia mempermainkan agama.
Kalau berniat membersihkan kotoran, bukan bersuci, tidak apa-apa.Sholat
Para ulama bersepakat bahwa sholat baginya haram, dan gugur kewajibannya.Hukum Mengqadla Sholat
Wanita haid tidak perlu menqadla` sholatnya, menurut empat imam.Toharah Wanita Haid di Akhir Waktu
Tidak ada perselisihan antara para ulama, bahwa jika wanita haid telah bersuci, dan masih ada waktu untuk sholat, meskipun satu rakaat, maka ia wajib untuk sholat.

Toryan (secara tiba-tiba) Datang Haid setelah Masuk Waktu Sholat
Di wajibkan qodho sholat bagi wanita yang haid secara tiba-tiba dan ia belum melaksanakan sholat, padahal sudah masuk waktu sholat.
About these ads

39 thoughts on “Hal-Hal Terpenting Dalam Masalah Haid, Nifas Dan Istihadlah

  1. rosdiana azis

    2,5 bulan saya tidak mendapat haid,sy fikir sy lg hamil, tp wkt sy priksa ke dokter kandungan hslnya negatif. lalu sy minum obat pelancar haid 1 minggu kemudian sy sdh haid,tp haid sy sdh 17 hari blm berhenti. apa darah yg keluar darah haid atau bukan?dan apakah sy sdh bisashalat?

    untuk darah penyakit para ulama telah berspakat klo wanita tersebut harus melaksanakan shalatnya. sebab itu sudah bukan darah haidh dimana dengan haid orang terhalang untuk shalat atau shaum. Syaikh Nasiruddin Al Albani berkata “bahwa darah yang najis (yang menghalangi dari shalat) adalah hanya darah haid” Allahu a’laam

  2. Mita

    Ass.war.wb.
    Saya Gadis 23 thn. saya sering kali sakit ketika haid 2 hari dan mengeluarkan banyak darah yaitu 1 hari haid itu menghabiskan kurang lebih 7 pembalut dan lama waktu haid saya bersih 15 hari. saya sudah memeriksa keluhan saya ke dokter samapai alternatif lainnya tapi hasilnya tidak sembuh total. sudah 1 thn ini saya tidak lagi mengkonsumsi obat dari dokter tapi ramuan rajikan jamu. jadi waktu sholat saya sering sekali terlambat. mohon kasih solusinya. terima kasih.
    Wass

    Assalamu’alaikum
    Segala Puji bagi Allah Rabb Semesta Alam, semoga Shalwat dan salam senantiasa terlimpah kepada Junjungan kita nabi Besar Muhammad SAW, kepada Keluarganya, para sahabatnya, dan kepada setiap umatnya yang senantiasa mengikuti sunnah beliau.

    untuk mba Mita, saya tidak bisa memberikan solusi secara medis karena saya bukan ahli dalam bidang itu. tapi saya mencoba untuk sedikit memberi penjelasan ttg masa lama haidh seorang wanita. dalam beberapa hadist disebutkan bahwa wanita itu kehilangan setengah dari agamanya, dimana setengahnya di pakai ibadah dan setengahnya lagi tidak. jadi dari sini dapat disimpulkan masa terlama haidh bagi wanita dalam setiap bulannya adalah 15 hari/ setengah bulan. jadi Mba Mita tidak perlu khawatir bila memang secara medis darahitu adalah darah haidh, maka tidak ada kewajiban shalat bagi Mba Mita. dan bila mba merasa kurang afdhal karena merasa telat ibadah, maka mba bisa menutupinya dengan shadaqah/infak. niatkan karena Allah. Allahu a’laam.

  3. Yat

    Assalamualaikum wr wb.

    Saya berusia pertengahan 20-an dan belum berumahtangga. Keadaan haid saya tidak banyak mengeluarkan darah, paling lama 3-4 hari dan paling singkat 1 hari. Selepas itu keluarnya warna kecoklatan dan kemudian kekuningan. Waktu kekuningan inilah yang selalu membuat saya ragu-ragu untuk menentukan sama-ada saya sudah bersih dari haid. Apakan ciri-ciri yang benar-benar “clear-cut” untuk menyakini bahawa saya ini sudahpun bersih dari haid?

    Oleh kerana saya selalu memakai pad, adakala activiti seharian membuat tergeselnya dinding kemaluan pada pad dan meninggalkan tanda kecoklatan. Sekiranya ada lendir putih bagi tanda bersihnya haid, kadangkala sukar untuk menentukan kehadirannya disebabkan geselnya tadi. Bagaimana untuk menyelesaikan masalah ini?

    Saya selalunya mengambil waktu petang (setelah activiti harian) untuk menentukan bersihnya saya dari haid dan bukan masa lain, yakni malam, kerana malam tidak banyak aktiviti dan bukanlah cara sesuai menentukan bersihnya haid. Adakah cara yang saya lakukan ini betul?

    Benar-benar mengharap penjelasan yang dapat meringankan kerisauan saya. Terima kasih.

    Wa’alaikum Salam Warahmatullah wabarakatuh.
    Segala Puji hanya bagi Allah Rabb semesta Alam Dia lah yang Maha Ilmu, Maha Mengetahui dan Maha Pengampun. selawat dan salam semoga tetap terlimpah kepada Junjugan Mulian nabi Muhammad SAW. pada para keluarga dan para sahabatnya juga kepada setiap umatnya yang senantiasa mengikuti syariah beliau.waba’du

    Aoakah darah Haidh itu sudah berhenti atau tidak, maka biasanya dapat diketahui dengan salah satu dari dua kondisi diberikut ini:

    1.Keluarnya cairan putih yang mengikuti darah haid seperti air kapur, terkadang air tersebut tidak berwarna putih dan terkadang ia keluar dengan warna yang berbeda, sesuai dengan kondisi wanita tersebut.

    2.Kering, hal ini bisa diketahui dengan memasukkan secarik kain atau kapas ke dalam vagina wanita dan setelah dikeluarkan kain atau kapas itu, ia tetap dalam keadaan kering tanpa darah.

    Itu kalau dalam kondisi normal wanita yang haid. masa minimal haid adalah 1 hari sedangkan untuk masa maksimalnya ada perbedaan pendapat disini ada yang tanpa batas ada juga yang setengah bulan (15 hari). menurut saya pendapat saya yang paling rajih adalah yang mengatakan 15 hari untuk masa paling lama untuk masa haid.

    sehingga bila lebih dari 15 hari maka itu bisa dikatakan darah IStihadah atau darah kotor (penyakit). Istihadhah ialah keluamya darah terus-menerus pada seorang wanita tanpa henti sama sekali atau berhenti sebentar seperti sehari atau dua hari dalam sebulan. Dalilnya adalah hadits riwayat Al-Bukhari dari Aisyah Radhiyallahu ‘anha bahwa Fatimah binti Abu Hubaisy berkata kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam : “Ya Rasulullah, sungguh aku ini tak pemah suci ” Dalam riwayat lain• “Aku mengalami istihadhah maka tak pemah suci.”. juga hadits dari Hamnah binti Jahsy ketika datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dan berkata: “Ya Rasulullah, sungguh aku
    sedang mengalami Istihadhah yang deras sekali.”

    Perlu ditegaskan adalah bahwa darah Istihadhah biasanya warnanya berbeda dengan darah haid. jadi ketika warnanya sudah berbeda dengan warna darah haidh pada lazimnya maka itu sudah dikatakan Istihadhah, dan dia sudah bersih dari darah haidh, dan bagi yang terkena Istihadhah dia terkena hukum sebagaimana wanita yang suci, kecuali dia senantiasa harus berwudu ketika hendak shalat dan sebagainya yang memerlukan kesucian.

    berkaitan dengan berubahnya warna dingding kemaluan karena keseringan memakai Pemalut (pad) sehingga sukar membedakan apakah sudah bersih atau tidak? dalam kondisi ini gunakaanlah dugaan kuat (ghalibatudzan) bahwa saya telah benar-benar bersih dari haidh.

    Darah Haidh itu bisa bersih kapan saja, bisa petang, malam, siang atau pagi hari. jangan selalu memastikan pada petang hari, karena ini akan berakibat pada ibadah yang ada lakukan seperti shalat. jadi cek dan yakinkanlah kalau anda telah bersih dari haidh. agar anda tidak meninggalkan kewajiban.

    Insya allah bisa terjawab adapun kalau tidak saya minta maaf karena keterbatasan ilmu saya. saya sarankan anda untuk memeriksakan diri kedokter spesialis untuk masalah ini, agar anda bisa segera terbibas dari masalah ini. Semoga Allah senantiasa memberi kita kemudahan.amin.

  4. fhs

    Assalamualaikum,

    Saya berusia 20-an. Saya tidak mempunyai tarikh tetap haid (seperti 6 hari pertama setiap bulan). Tetapi setiap haid datang dalam 6-7 hari. Adakah 6-7 hari itu, walaupun tiada tarikh tetap dikira sebagai ‘adat’?

    Oleh kerana saya tiada tarikh tetap haid, saya sentiasa memastikan waktu suci (jarak 2 haid) adalah sekurang-kurangnya 15 hari. Pada hari ke 17 suci, cecair jernih keputihan telah keluar. di dalamnya ada setitik darah merah terang. adakah itu dikira darah haid atau istiadah?

    terima kasih.

    darah haid itu biasanya berwarna merah agak hitam .jadi bila darah itu tidak berwarna merah kehitam hitaman maka itu adalah darah penyakit. sebaiknya di periksakan de dokter saja. Allahu a’lam

  5. Pada masa nifasnya istri saya suci pada hari ke-25, namun setelah du hari keluar darah lagi. Pada hari ke-32 suci lagi selama 4 hari kemudian darahnya keluar kembali bahkan sampai sekarang sudah melampaui masa 40 hari. Nifas, haidh, atau istihadhahkah darah yang keluar pada istri saya? Mohon penjelasan.

    untuk mengetahui masalah apakah itu nifas atau haid atau isthihadhah, maka bisa diperiksakan kedokter.

    sebagai patokan Istiadah bisanya berdasarkan beberapa riwayat yang saya dapat itu berlangsung selama 40 hari semenjak kelahrian. nah bila lewat dari itu bisa jadi adalah isthihadhah. Allahu a’lam

  6. nisrina arfah

    haidyang melebihi 15 harikan penyakit itu penyakit apa bls

    untuk tau itu penyakit apa itu bukan kapasitas saya untuk menjawab, silahkan periksakan kedokter

  7. Assalamualaikum,

    Saya sudah berumahtangga, dan baru-baru ini mula meletakkan implanon (implan pencegah kehamilan). 2 hari lepas saya ternampak setitik darah pada panty liner saya yang berwarna agak kehitaman dan semalam juga ada setitik sahaja dengan warna yang sama. Bagaimanakah situasi saya ini. Perlukan saya mandi wajib?.

    Wa’alaikumsalam wr wb.bila darah itu berwarna hitam, itu biasanya adalah darah Haidh, sehingga harus mandi wajib.tetapi ada satu pertanyaan, apakah sudah masuk waktu haidh atau tidak??bila masuk maka itu jelas darah haidh.

    tetapi disini saya berpedoman kepada hadist “tinggalkan yang meragukan menuju yang tidak meragukan” sehingga Ukhti harus mandi wajib sebagai bentuk kehati-hatian.lebih jelasnya bisa konsultasikan ke rumah sakit (dokter).

  8. syikin

    Assalamualaikum,

    Bagaimana pula dengan kiraan hari yang perlu diqadhakan utk puasa?

    Bulan Ramadan yang lalu saya datang haid sebanyak 2 kali dan tempoh suci antara haid itu tidak sampai 15 hari tetapi lebih dari 4 hari. Di dalam tempoh suci itu saya telah melakukan puasa seperti biasa. Adakah tempoh suci saya itu dikira sebagai masa haid maka saya perlu menggantikan puasa saya??

    saya pernah bertanyakan kepada beberapa orang ustazah.. malangnya pendapat yang diberikan berbeza- beza dan menyebabkan saya semakin keliru…

    klo memang suda ditanyakan ke sutadz, maka saya hanya akan memberi arahan saja pendapat yang mana yang harus di ambil.

    1. Haid adalah keluarnya darh kotor, paling sebentar 1 hari dan paling lama 15 hari. lebih dari itu berarti darah penyakit

    2. Sucinya haidh adalah dengan tidak adanya darah yang keluar. bila kemudian darah berhenti dan tidak keluar lagi, maka itu suci.

    3. bila kemudian setelah beberapa hari suci kemudian keluar lagi. ini karena tidak normalnya siklus haidh.jadi harus periksa kedokter

    4. hitungan kotornya adalah hitungan darah itu keluar.jadi bila pertama haidh 5 hari kemudian suci, setelah satu minggu kemudian haidh lagi selam 6 hari, misalnya. maka yang di ambil adalah hitungan yang 5 hari dan 6 hari haidh yaitu 1 hari. jadi qadha puasa yang di ambil adalah yang 5 hari di tambah 6 hari. sedangkan jeda diantaranya itu diangap suci sehinga sah puasanya.wallahu A’lam

  9. tara

    ass…
    maaf saya mau tanya,,jika keluar cairan kuning kecoklatan apakan blh melaksanakan sholat??
    karna belakangan ini saya sering sekali mengeluarkan cairan bahkan kadang kental _maaf_ yg berwarna seperti itu . .
    dan hal ini membuat saya ragu untuk menjalankan ibadah sholat . . .

    kalau cairan itu keluar di waktu yang bukan biasanya Haidh maka shalatlah karena itu bukan darah haidh.warna darah haidh itu agak kehitaman. lebih jelasnya bisa dibaca dengan rinci tulisan saya dan beberapa jawabannya dibawah. Islam hanya mengharamkan (menajiskan) darah Haidh dan Nifas.

  10. siti

    salam
    saya mengalami masalah kitaran haid yang tidak tetap.
    begini.
    contohnya.. dari 1hb hingga hampir 14-15 hb saya didatangi cairan berwarna coklat pekat atau kadang cairan putih jernih tetapi akan ada satu titik merah pekat (hanya sedikit)..tetapi alirannya tidak banyak.mungkin hanya sekali atau 2 kali dalam sehari.. oleh itu saya beranggapan bahawa itu adalah darah haid dan saya meninggalkan solat.

    kemudian pada 16 hb yg berikutnya.. saya didatangi cairan pekat yang berwarna merah gelap..(sepertinya darah haid)
    tetapi saya sudah melebihi waktu 15 hari…

    jadi saya keliru…
    adakah saya diharamkan bersolat pada waktu 15 hb pertama
    atau tidak solat pada hari yg berikutnya..

    tolong lah…
    saya benar-benar keliru…

    untuk pastinya apakah itu haidh atau penyakit saya sarankan merujuk kedokter.
    adapun masalah shalat. Allahu A’lam tetapi Allah dan rasulNya memerintahkan kita untuk meninggalkan yang meragukan.ketika kita bimbang diantara 2 pilihan kemudian kita menyimpulkan yang kita lakukan, maka Insya Allah kita tidak berdosa walaupun piliahan kita salah, karena ke awaman kita.

    lazimnya wanita haid tidak shalat waktu darah itu keluar samapai darah itu berhenti. jadi kalau pagi-pagi keluar kemudian dzuhur kering maka segera mandi besar dan shalat dhuhur.

    jadi adalah salah satu bentuk kekeliruan ketika kita tidak shalat padahal sudah tidak ada darah yang keluar.

    ukhti tidak perlu khawatir karena Allah maha pengampun, iringi setiap kesalahan kita dengan kebajikan.perbanyaklah ber istighfar (Rasul menganjurkan kita setiap hari minimal 100 X istighfar), dan perbanyak amalan-amalan nafilah lainnya, seperti dhuha, tahajud dan dan semisalnya.

  11. Yenny

    Assalamu’alaikum…sy mw nanya.sy ibu RT yg berusia 26 th.skrg sy pake kb implan,sy haidh sdh lebih dr 1 1/2 bln.klo lbh dr 15hr kan sdh blh sholat.tp sy ragu,krn drh yg kluar di hari ke-1 haidh sampe 1 1/2 bln itu,warna drhx sm,baux jg sm.seharusx,drh haidh dan drh istihadlah kan ada bedax?Tp pd dr sy,tdk ada bedax.thn kmrn sy jg prnh haidh slm 4 bln 4 hr…dan wrn drh maupun baux jg sm spt darah haidh.klo ay periksakan ke dokter,j1bx hny”reaksi hormon” mhn solusix.krn sy pengen ibadah sy tdk terganggu.

    bila kasusnya seperti yang ibu Yenny alami, maka solusi yang diberikan oleh ulama adalah dengan memberikan masa haidh terlama yaitu 15 hari bila kita sukar membedakan mana dara haidh dan darah penyakit.walau sudah menggunakan pendekatan medis. tetapi saran saya. kalau bisa ini dicari sumber masalahnya dan diobati karena kalau sampai 4 bulan ini sudah ada kelainan. jadi segera di obati secara medis.

    untuk ibadahnya ibu harus menggunakan dugaan kuat bahwa kapan haidh itu dimulai dan kapan akan berakhir. karena dalam term Fiqh lama haidh hanya 15 tahun. maka kalau ingin ibadah digunakan waktu terlama.yaitu 15 hari. lebih dari itu dianggap darah penyakit.

  12. Ratna

    saya wanita yg 7bulan lalu harus mengalami kuretasi karena janin yang tidak berkembang. setelah siklus haid saya menjadi berubah. sebelum mengeluarkan darah haid, saya 3 atau 4 hari sebelumnya mengeluarkan flek kecoklatan, tapi sangat sedikit, kemudian setelah beberapa hari itu baru keluar darah yang sangat banyak selama kurang lebih 2 sampai 3 hari. setelah itu yg tersisa flek kecoklatan kembali sampai beberapa hari. Kapankah seharusnya saya tidak boleh sholat dan puasa ?? apakah selama masih mengeluarkan flek kecoklatan saya tidak boleh sholat ???

    • yeti

      saya memiliki permasalahan yang sama, siklus haid saya pendek, tetapi sebelum masa haid, biasanya flek 2-3 hari dengan warna kecoklatan atau merah muda, selanjutnya baru keluar yang merah kehitaman, sebelum selesai atau sebelum keluar cairan putih, beberapa hari flek kecoklatan..
      mohon penjelasan, terutama di awal ciri2 haid..
      apakah saat flek di awal2 tersebut, saya masih wajib sholat/puasa, karena belum keluar merah kehitamannya… mohon penjelasan…

      wassalam
      yeti

      Allahu A’laam saya rasa lebih tepatnya tanyakanlah ke dokter atau ahli kesehatan. jawaban Fiqhnya bila flek itu karena darah penyakit, maka wajib shalat. bila flek itu akibat haid atau pendahuluan haid, maka tidak wajib shalat. penjelasan mana darah penyakit mana yang bukan sudah saya jelaskan pada jawaban sebelum2nya.

  13. seringkali pada hari ke 5 atau 6 haid terhenti sekitar waktu malam hingga subuh, tapi agak siang sekitar pukul 9 atau 10 pagi keluar lagi darah haid, bagaimana hukumnya, apa saya harus mandi wajib mengetahui sdh bersih dan kembali sholat sampai muncul darah haid dan saya kembali tdk sholat, terkadang suami seperti tdk sabar, mengetahui saya sudah tdk haid pd waktu tsb…sementara saya tahu kalau itu belum tuntas benar haidnya selesai, mohon bantuannya ustadz, terimakasih…

  14. ass..
    sy mau nanya,haid sy sdh lwt 7 hari tp kluar flek htm kecoklatan yg buat sy bingung fleknya kadang kluar kadang tidak,apakah sy boleh puasa dgn keadaan seperti itu.
    terikasih atas jwbannya..
    wasallam

  15. nazie

    asalamualaikum….saya mahukan jawapan,boleh reply terus ke email sy?saya harini tiba2 keluar darah …..tapi saya tidak pasti itu darah ape….sebab ianya keluar dlm kuantiti yang sedikit…dalam beberapa titik sahaja…ape yang merunsingkan saya sekarang…adakah ianya darah penyakit..apa yang harus saya buat?adakah sy berpenyakit?bantulah saya…say perlukan pendapat sekarang…..

  16. assalamualaikum , saya sudah suci ketika hari ke7 . pada saat itu sudah tidakada darah yang am yang keluar lagi . tapi pada hari ke 8 ada flek hitam yang keluar
    apakahpada saat itu saya harus mandi junub lagi agar boleh shalat dan puasa ?

    Bila anda yakin itu bukan darah haid maka anda tidak perlu mandi junub..tetapi bila anda yakin maka mandi junublah..saran saya mandi junub saja agar terhilang keraguan..

  17. Sarah

    Assalamu’alaikum
    saya pernah mengalami kebingungan dalam perhitungan masa haidku sekarang2 ini. Saya pernah mengalami masa haid selama 7 hari, kemudian suci selama 5 hari dan keluar darah lagi selama 4 hari, apakah keluarnya darah 4 hari itu termasuk haid? jika dihitung berdasarkan masa paling lamanya haid yg jumhur ulama katakan (15 hari), maka hari pertama dalam 4 hari tersebut dihitung hari kedelapan haid atau hari ketigabelas??

  18. ersya

    saya mengalami haid dan hari k7 saya sudah bersuci dan hari k8 keluarlagi tp sedikit paling setetes dan warna’a merah muda lah keluar darah’a pagi”,apakah puasa saya tetep sah apa ga??

  19. ass,,sy mw tnya..sy mens sdh hampir 3mnggu,,minggu pertama hanya keluar darahny sdkit2,,mnggu k2 agk bnyk n smpai skrng hmpir mnggu k3 msh sj kluar darah mensnya…sdngkan sy sk mengikuti pengajian ibu2 d mesjid2..apakah dlm kndisi sy yg sperti ini sy boleh membaca surat yasin atw surat lainnya,,krn ada sbgian orng yg bilang boleh bc yasin n surat lainnya asalkan tdk memegang alquran,,apakah benar begitu..??trmksh wslm

  20. umi farida

    asss.,,, sy mau tanya nih mengenai bersih haid. masa haid saya itu cuma sekitar 1-2 hari saja keluar darah segar haidnya. awal2 sebelum haid flek2 hitam dulu trus sesudah masa darah segar keluar hari berikutnya flek2 aja yang hanya cercak2 doang. sy jd bingung menentukan bersih belumnya. dan jeda antara keluar flek2 itu kurang lebih hampir 12 jam sy mandi eeeh keluar lagi di pagi harinya. bagaimana itu hukumnya saya bingung

  21. ita

    Saya masih binging tentang bagaimana hukumnya jika kemarin waktu saya mau sholat dzuhur ternyata saya mengeluarkan darah seperti darah haid. Jadi saya mengurungkan niat saya untuk sholat karena takut berdosa padahal saat itu saya sudah wudlu. Lalu tadi saya tidak sholat subuh karena bercak darah masih ada. Tapi waktu siang hari saya cek lagi ternyata sudah tidak keluar. Lalu saya mandi besar berniat agar saya bisa sholat lagi. Setelah mandi malah keluar bercsk darah lagi. Bagaimana hukumnya? Saya jadi raguragu mau sholat tapi takut dosa kalau tidak menjalankannya.

    bila itu darah yg keluar masih dalam masa haid rentan waktu 15 hari atau satu minggu maka simpulkan itu mash dalam keadaan haid. sedangkan bla sudah lewat maka simpulkan itu darah penyakit. jadi bisa shalat.

  22. Ika

    Assalamualaikum..
    Biasany saat awal haid slalu ada bercak2 coklat slama 1-2 hr sblm kluar drh haid yg merah. Berck2 tsb jarak kmunculanny bs berjam2, kdng pagi mncul, siang tdk, kmudian sore bru muncul lg. Stlh hmpir slsai haid, mncul bercak2 coklat lg, kmudian mncul brcak kekuningn. Rentang wkt munculny brcak kekuningn yg lain jg brjam2 sperti brcak coklat saat awal haid, pgi ada, siang tdk ada, sore bru ada lg. Stlh skitar 2 hr brck kekuningn tsb br bnr2 hilang. Kluarnya brcak coklat smpai bnr2 bersih tdk ada brcak kekuningn skitar 9 hri, dan itu slalu trjadi berulng2 saat haid. Pertanyaan sya:
    1. Apakah kluarny brcak coklat saat awal dan brcak kekuningn mrupakan tnda itu adlh haid? jd pd rentang wkt sblm mncul brck coklat/kekuningn berikutnya itu sy tdk blh sholat walaupun rntangny lama?
    2. Kalau memang brcak kekuningn itu haid apakh brdosa bila sya sholat stlh mndi bsr tp stlh itu brck tsb muncul lg?
    3. Bila brcak kekuningn itu bkn haid apakh sy brdosa krna tlh mninggalkan sholat?
    4. Sya ragu apkah brcak kkuningn itu adlh haid, kmudian sy ttp sholat krna tkt mninggalkn sholat kalau trnyta itu bkn drh haid, apkh itu dosa?
    Mohon pncerahanny, sy bnr2 bingung.
    Terima kasih

  23. My spouse and I stumbled over here by a different website and thought
    I may as well check things out. I like what I see so now i’m following you. Look forward to exploring your web page again.

  24. loliasari

    Ass wr wb
    . Sy ibu rumah tangga. Setelah beberapa hari selesai haid +/- 5 hari, keluar darah lagi berwarna merah dan sedikit. Apakah itu darah istiqadah atau bukan? Ini yang selalu buat sy ragu.

  25. Ass.wr.wb
    saya ibu rumah tangga & mempunyai 1 orang anak,setelah mlhirkan 35 hr saya menggunakan kb Implant tapi setelah 40 hr melahirkan darah ny terus keluar sampai sekarang (kurang lebih 5 bln)saya sdh tanya kesana kmari apakah saya blh shlat tp jawaban yang saya terima masih membuat saya ragu utk sholat,mohon jawabanny

  26. akhwat al fakir

    Assalamu’alaykum.wr.wb..
    Ustdz/Ustdzh yg terhormat, saya mau tanya..
    Ketika hari2 menjelang haid, darah tidak langsung merah, namun kuning kecoklatan dan esok harinya tidak keluar cairan lagi (bersih), dalam kondisi demikian, secara agama dan medis, apakah diperbolehkan berhubungan suami istri??
    begitu pula ketika haid sudah tuntas, kembali warna seperti menjelang haid dan belum bersuci, apakah kondisi demikian boleh berhubungan suami istri? Trmksh ats jwbnnya, wsslm.

  27. carsim

    Assalamu’alaikum
    Ustad, Sy mau tanya tntng lendir&darah yg keluar pada istri Sy kemaren sore, darah apakah itu soal’y istri Sy lg mengandung 9 bln lbh, lalu priksa ke Bidan kata’y masih jauh masa persalinan’y, trus bagaiman dengan shalat’y? Sy mohon bimbingan’y, SYUQRON

  28. Endah wahyuning

    Assalamualaikum wr.wb
    saya mau nanya, bila seorang perempuan mengeluarkan flek warna coklat apakah boleh shalat dan berpuasa ?
    Terima kasih .
    Wassalamualaikum wr.wb

  29. asalam mualaikum wr.wb
    Aku mau tanya ! Aku sudah mandi besar terus keluar lg cairan yg berwana cokelat nya apakah aku boleh melakukan sholat dan puasa di bulan ramadhan?

  30. Ass…
    Saia mau nanya
    2bulan lalu,tepatny tanggal 8mei 2013 saia melahirkan seorang anak perempuan
    Sampai sekarang ini 70hari masih ada cairan berwarna putih kekuning2an pada kemaluan saia,sedangkan warna darah merah sudah lama bersih,apakah itu msh darah nifas
    Apakah puasa saia sah
    Mohon masukanny

  31. aulia

    Ass..
    saya mau tanya beberapa hari ini saya mengeluarkan cairan putih padahal tidak sedang keluar darah apakah saya tetap dibolehkan beribadah atau tidak?

  32. rina pratiwi

    assalamu’alaikum, bagaimana jika sedang berpuasa tp tiba2 keluar flek coklat disertai lendir merah meski sedikit, apakah batal puasany? mksh

  33. majlis

    mita kalau orang hed emang sakit perut badan sakit smua pinggang skit kira kira 1-3 hari hed 15 hari itu sudah paling baxakxa hed jadi kalau melebihi batas 15 hari itu sdah termasuk darah istihadah masalah keluar sampai brpa kali dalam sehari itu betul memang begitu ada yang 10x juga AFWAN

  34. anika

    assalm’alaikum,wr,wb
    saya mau minta dijelaskan kembali, jika kita ragu-ragu tentang masa suci itu,apa solusinya? padahal saya sudah baca berulang kali berbagai sumber tentang bagaimana telah suci dari haidh namun tetap ragu.akhirnya saya mandi wajib berulang-ulang ketika hendak sholat.saya melihat bercak kuning kecoklatan dalam masa sebelum 15 hari. biasanya saya haidh tu 6 atau 7 hari. nah, ketika sudah memasuki hari ke 6 atau 7 itu sering kali keraguan itu timbul karena melihat bercak kekuningan tadi ketika beberapa jam setelah mandi wajib.jadi apa yang tepat dilakukan untuk masalah saya ini?

    terimakasih atas jawabannya.

    • Saif Muhammad Al-Amrin

      lihat..bila warnanya berda dengan darah haid maka itu bukan haid tapi darah penyakit.. dan sudah dianggap suci..insya Allah…

  35. ass, saya mau menanyakan persoalan teman saya
    teman saya wanita dan dia suka sekali menonton video porno, dia menanyakan ke saya, diakan lg haid trus dia menonton video porno, pastinya kan ada keluar cairan begitu, yg dia tnyakan bagaimanakah cara mandi bersihnya? wassalam :-)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s